Menuai Ide Di Angkasa

"Tidak ada yang baru di bawah matahari. Semuanya sudah dilakukan sebelumnya", Sir Arthur Conan Doyle.

    Steal like an artist, buku yang ditulis oleh Austin Kleon ini sudah beredar sejak 2014, sangat membuka pintu untuk menjadi lebih cerdik dan juga menjadikan kita untuk lebih kreatif lagi jika kita mendapat inspirasi dari orang lain. Apakah masih ada karya orisinil di tahun milenial seperti sekarang ini?, ini pertanyaan yang sulit karena keterbatasan untuk menjelajah semua karya yang ada di bumi ini, dengan internet? ya, bisa saja, tapi yakinlah masih ada banyak karya yang tidak diunggah ke sosial media apapun karena berbagai alasan apapun, meski beberapa orang menganggap dengan kekeh jika karya itu memiliki kemiripan dari yang sebelumnya. "mencuri" seperti yang Kleon tulis adalah inspirasi dari karya orang lain dan menjadikannya bagian dari karya yang akan kita buat. Berkarya secara kreatif adalah memiliki berbagai sumber inspirasi, dan mencurinya satu per satu lalu mengkombinasikannya menjadi karya baru


    Pablo Picaso berkata " bad artist, copy. great artist, steal" meski ungkapan ini tidak harus diterjemahakan secara harfiah namun apa yang disampaikan Picasso bahwa tidak ada yang orisinil dalam seni. Jadi kenapa tidak menjadi peniru yang baik, apalagi dijaman serba digital seperti ini untuk menggali inspirasi ataupun referensi untuk menciptakan karya sangat mudah untuk didapatkan, maka dari itu sangat banyak hal yang bisa diadopsi dan dikembangkan hingga menjadi karya yang baru lagi. 



    Steve jobs menciptakan 'mouse' untuk produk Macintosh dan dianggap itu terobosan yang sangat brilian di era itu. Tapi tahukan jika 'mouse' adalah alat buatan Xerox yang 'dicuri' oleh Appel dan menjadikan bagian terhebat dari Macintosh. Apakah bentuknya sama, tentu tidak karena itu sebatas mirip karena pastinya telah dimodifikasi lebih keren lagi oleh Apple.


    Microsoft, siapa yang tidak tahu Bill Gates. Apakah microsoft adalah produk orisinil yang diciptakan oleh Bill Gates? Tidak, awalnya Bill Gates sering datang di pameran Apple. Microsoft merupakan tiruan dari Macintosh dengan harga yang lebih murah. Lalu apakah kami membenci Bill Gates dan microsoft, tentu tidak sama sekali, justru itu yang sangat membantu designer grafis kelas bawah seperti kami untuk memulai semua ini kala itu.

    Inti dari sedikit cerita diatas menjelaskan bahwa makna dari kata "mencuri" bukanlah secara harfiah, melainkan bahwa "mecuri" disini adalah mengambil untuk menjadikannya referensi kemudian digerakan menjadi inovasi baru dengan kemampuan dari dalam diri. Kemiripan sebuah karya sangatlah lumrah, yang tidak baik adalah meniru 100% dari apa yang sudah ada. Karena jika meniru 100% atau langsung comot itu sudah pasti bisa dikatakan plagiat, tapi kalau terinspirasi atau menjadikannya sebagai inspirasi atau bahan referensi hingga menciptakan perbedaan dari bentuk yang sebelumnya - maka bisa dikatakan tidak menjiplak. Plagiarisme artinya mengeklaim karya orang lain sebagai milik kita secara orisinil.

    Ada istilah ATM-Amati Tiru Modifikasi, entah dari mana istilah itu berasal, namun ini adalah opsi untuk proses kreatif, kalimat itu seolah menjadi trigger untuk membuat kita jadi lebih kreatif lagi dalam menyikapi banyaknya inspirasi yang sangat mudah didapatkan.

    Dalam menciptakan karya desain di jaman sekarang ini kita tidak perlu merasa hebat seolah kita adalah yang nomer satu dan karya kita adalah yang paling orisinil, bersikaplah rendah hati dan bersikap baiklah bahwa dunia ini memang sempit beserta segala inspirasinya dan trend hanyalah roda yang berputar. 

    Akhir kata, Terima kasih  banyakkepada semua hal yang telah menjadi kami banyak inspirasi dan referensi bagi kami. Terima kasih banyak juga jika ada yang menjadikan karya kami sebagai bahan referensi ataupun inspirasi dalam menciptakan karya.

Wassalam.

DESIGN FOR SALE

Order Here !