Perbedaan Raster Dan Vector

 



Sering kali banyak yang bertanya-tanya tentang jenis design untuk sablon, antara design ruster dsan vector. Bagi sebagaian orang yang sudah menjalani dunia cetak mungkin lebih mudah memahani tentang bentuk sebuah design, namun bai sebagian orang sebut saja awam tentang dunia cetak pastinya sangat kebingungan akan hal ini. Oleh karena itu kami akan mempermudah sedikit untuk memahami jenis design ruster maupun vector untuk kebutuhan dicetak sablon.




Raster / Bitmap

Gambar Raster / Bitmap merupakan gambar yang terbentuk dari titik – titik atau piksel. Grafis ini tergantung oleh banyaknya piksel sehingga apabila dilakukan zooming / pembesaran, akan terlihat kotak – kotak piksel dari gambar tersebut. Dalam hal cetak sablon untuk design ruster ini menggunakan jenis film sablon dalam bentuk DPI(Dot Per Inchis) atau LPI (Line Per Inchi), untuk tingkat kedetailan hasil cetak sablon terlihat dari ukuran DPI/LPI nya, semakin besar jumlah ukuran DPI/LPI nya maka hasil cetak sablon akan semakin bagus.

1. Disusun oleh objek yang disebut pixel.
2. Sifatnya resolution dependent atau dipengaruhi resolusi.
3. Jika dilakukan perbesaran file akan pecah, blur dan rusak jika melebihi batas dari kapasitas ukaran tampilan.
4. Ukuran penyimpanan file relatif besar.
5. Digunakan untuk gambar kompleks, berupa ragam warna dan bentuk yang beraneka, seperti foto dan juga design design dengan gradasi warna.
6. Format penyimpanan PSD, TIF, JPEG, GIF, BMP
7. Software umum yang biasa digunakan di percetakan sablon adalah Adobe Photoshop.



Vector.

Gambar Vektor merupakan gambar yang terbentuk dari sejumlah garis / kurva. Garis ini tidak tergantung oleh banyaknya piksel, sehingga apabila dilakukan pembesaran (zooming) tidak akan kehilangan detailnya, dan juga gambar tidak terlihat pecah atau kabur berbentuk kotak kotak. Sebagian banyak design untuk brand menggunakan design vector, selain format design terlihat solid dalam warna disisi lain design vector terlihat lebih simple dan hasil cetak sablon dikain tidak jauh berberda ketika dalam tampilan digitalnya.

1. Disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis.
2. Sifatnya resolution independent.
3. Pengaruh perbesaran tidak pecah, blur atau rusak sekalipun dari ukuran design kecil yang dicetak ke ukuran yang sangat besar.
4. Ukuran penyimpanan file relatif kecil.
5. Digunakan untuk ilustrasi dengan bentuk geometris sederhana ataupun rumit sekalipun, warna solid atau gradasi tanpa terlalu banyak variasi warna. Cocok untuk logo dan jenis desain yang mengandalkan kesederhanaan bentuk. Namun hingga saat ini semakin banyak design vector dengan inovasi yang keren dengan semakin menggunakan detail warna yagn digunakan dalam design kaos, namun semakin banyak perpaduan warna yang digunakan disisi lain biaya cetak sablon pun akan lebih besar juga.
6. Format penyimpanan bisa berupa AI, CDR, FH, EPS
7. Software umum yang biasa digunakan di percetakan sablon adalah Corel Draw dan Adobe Illustrator.


DI BAWAH INI CONTOH PERBANDIGAN ANTARA DESIGN RASTER DAN VECTOR








0 komentar:

Post a Comment

DESIGN FOR SALE

Order Here !